Bahas Sinergi Pendidikan Vokasi, Polman Astra Gelar Dialog dengan 5 SMK Terbaik Balikpapan

Sabtu, 20 Mei 2017 00:00 Thomas Hargono
Cetak PDF

Balikpapan, Kalitim: Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) mengadakan forum dialog dan tukar pendapat dengan SMK unggulan di Kota Balikpapan, pada hari ini Sabtu (20/05). Termasuk diantaranya SMK Negeri 1 Balikpapan, SMK Negeri 5 Balikpapan, SMK Negeri 6 Balikpapan, SMK Kartika, SMK Setia Budi dan SMK Pangeran Antasari yang merupakan beberapa SMK terbaik bidang teknik di Kota Balikpapan.

Forum ini merupakan sebagian dari serangkaian acara peringatan ulang tahun PT Astra International Tbk yang mengusung tema “Inspirasi Astra untuk Anak Bangsa” dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 21 Mei di Kota Balikpapan.

Dialog yang menitik beratkan tentang sinergi Pendidikan Menengah dan Tinggi Vokasi dalam memenuhi kebutuhan industri, mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, dimana Balikpapan telah dicanangkan sebagai Kota Vokasi ke-5 di Indonesia dan satu-satunya di luar Pulau Jawa.

Dalam kesempatan tersebut Polman Astra memperkenalkan best practices sistem vokasi “Astra Dual System” yang selama ini diterapkan dalam menghasilkan lulusan Diploma 3 yang kompeten dan siap untuk bekerja di Industri.

“Astra Dual System” yang diadopsi dari sistem Pendidikan vokasi yang terbukti unggul di negara Industri maju seperti Jerman, Swiss dan Austria, perlu didukung dengan keselarasan yang kuat secara vertikal antara pendidikan menengah dan pendidikan tinggi vokasi dan secara horizontal antara pendidikan vokasi dan industri”, ujar Tony Harley Silalahi Direktur Polman Astra.

Tony memberikan pemaparan tentang tantangan Pendidikan Tinggi saat ini dan tantangannya di masa depan mengikuti tuntutan industri global. Selain itu, Polman Astra memperkenalkan aktifitas pembinaan SMK oleh Center for Vocational Education Development (CVED) yang telah membina 20 SMK di wilayah Jawa melalui program Inovasi KAIZEN goes to SMK dan Program Magang Guru SMK.

“Sejak tahun 2012, Polman Astra mendirikan CVED sebagai bentuk insiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan menengah vokasi, tentunya baik industri dan perguruan tinggi vokasi akan merasakan dampak positif dari pengembangan ini jika nantinya dapat terus dikembangkan skalabilitasnya”, tambah Tony Harley Silalahi.

Menyambut baik acara ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin, mengatakan Pola kemitraan antara pendidikan menengah vokasi dan pendidikan tinggi vokasi. Termasuk program beasiswa dan rekrutmen Siswa kelas XII SMK untuk bisa diterina di pendidikan tinggi vokasi terutama bagi yang berprestasi dan bagi keluarga miskin.”

Beasiswa Prestasi Astra

Selain program pengembangan SMK, sejak tahun 2009 sebagai bagian dari program SATU INDONESIA, Polman Astra telah memberi kesempatan kepada 35% dari total mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa melalui Program Beasiswa Prestasi Astra. Proses seleksi dijalankan dengan ketat agar memastikan pemberian beasiswa ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi tercapainya bantuan pembiayaan studi bagi mahasiswa yang betul-betul memerlukan.

Program Beasiswa Prestasi Astra ini telah memberikan peluang kepada 566 siswa terbaik dari 23 provinsi di seluruh Indonesia untuk menimba ilmu dan berkarya di Polman Astra.

Yayasan Astra Bina Ilmu yang menaungi Polman Astra, merupakan 1 dari 9 yayasan milik Astra yang fokus di bidang pendidikan. Di bidang kontribusi sosial, Astra juga menempatkan pendidikan sebagai pilar pertama bersama dengan pilar Lingkungan, Kewirausahaan dan Kesehatan. Hal tersebut sejalan dengan filosofi Astra, Catur Dharma butir yang pertama, Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara.

 

polman_astra60balikpapan6.jpg

 

polman_astra60balikpapan1.jpgpolman_astra60balikpapan2.jpgpolman_astra60balikpapan5.jpg

 

LAST_UPDATED2