Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4)

Jumat, 04 Maret 2011 15:21 administrator
Cetak PDF

Program Studi Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4) yang pernah berubah nama menjadi Teknik Mesin Manufaktur (TMM) dimulai pada tahun 1995 merupakan program studi yang berhubungan dengan perancangan dan pembuatan perkakas industri, baik menggunakan mesin manual maupun Computerized Numerical Control (CNC).

 

Visi Program Studi:
“Menjadi Program Studi terbaik & diminati di Indonesia dalam bidang Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi pada tahun 2014”.

  1. Terbaik diartikan bahwa program studi memiliki metode pendidikan yang mengedepankan kompetensi hardskill maupun softskill yang unggul pada setiap lulusannya.
  2. Diminati diartikan baik bagi calon mahasiswa untuk memilih program studi, maupun pengguna lulusan atau industri untuk lebih mengutamakan lulusan program studi Pembuatan dan Peralatan Produksi karena memiliki kemampuan hardskill dan softskill yang penuh dibanding program studi lain.
  3. Bidang Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi diartikan bahwa bidang yang dikuasai adalah bidang perancangan dan pembuatan perkakas produksi seperti jig & fixture, mold, dies dan mesin-mesin sederhana serta  mampu melakukan supervisi pada unit perencanaan dan pembuatan perkakas produksi.


Misi Program Studi:
“Melaksanakan proses pendidikan, penelitian dan pelayanan masyarakat khususnya di bidang peralatan perkakas produksi, serta melaksanakan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan institusi melalui jasa produksi dengan penerapan penelitian di bidang peralatan dan perkakas produksi”.

Keahlian Lulusan:

  • Pengoperasian mesin-mesin perkakas manual (Bench Work, Turning, Milling, Grinding, Assembling, dsb).
  • Pengoperasian mesin-mesin perkakas yang berbasis komputer Computerized Numerical Control (CNC).
  • Penguasaan Computerized Aided Design (CAD) dan Computerized Aided Manufacture (CAM).
  • Penguasaan Pengukuran dan Metrologi.
  • Perancangan Mould & Dies.
  • Perancangan Jig & Fixture.


Gambaran Umum Kurikulum P4
Persentase SKS untuk perkuliahan teori (40%) dan perkuliahan praktek (60%). Mata kuliah teori yang diajarkan seperti: Elemen Konstruksi, Computerized Aided Design (CAD), Perancangan Mould & Dies, Proses Manufaktur, Manajemen Operasional.
Sementara mata kuliah praktek yang diajarkan seperti: Bench Work, Bubut dan Milling CNC, EDM, Wire Cut, Grinding, Heat Treatment, Perancangan Mould & Dies, Simulasi CNC dan CAM, Kerja Praktek di Industri.

Untuk detail kurikulum, silahkan Klik DISINI...!!!

Prospek Profesi Lulusan
Secara umum, bidang kerja bagi lulusan Program Studi Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4), antara lain sebagai Tools Maker, Enginnering, Designer, Maintenance, PPC.

Sarana dan fasilitas pendidikan yang digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pengajaran Program Studi Pembuatan Peralatan & Perkakas Produksi (P4) terdiri dari:

• Laboratorium Basic Machining : Bench Work, Milling, Turning, Grinding, Assembling
• Laboratorium Advance Machining : Electric Discharge Machining, Wire Cutting
• Laboratorium Heat Treatment
• Laboratorium Computer Numerical Control (CNC)
• Laboratorium CAD/CAM/CAE
• Laboratorium Advance Inspection : Flexible Measuring Machine

LAST_UPDATED2