News

Peran Serta Astra Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Tuesday, 15 April 2014 16:32 Suhendra
Print PDF
There are no translations available.

Peran Serta Astra Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Bertempat di Shangri La Hotel Jakarta, 1-2 April 2014 dilaksanakan Konfrensi Regional Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan 2014 (Technical and Vocational Education and Training – TVET). Konfrensi tahun ini berjudul “Menjamin Mutu Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan (TVET) – Persiapan Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015”, bekerjasama dengan Pemerintah Jerman diikuti negara-negara anggota ASEAN dan beberapa negara Asia lainnya dan Jerman yang didukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementrian Perindustrian dan Kementrian PPN/Bappenas.

Tujuan utama Konfrensi ini adalah untuk berbagi dan belajar dari pembelajaran yang berhasil (good practices), membangun jejaring pendidikan dan pelatihan kejuruan (TVET) di wilayah ASEAN, merumuskan rekomendasi bagi peningkatan kualitas dan orientasi permintaan pendidikan dan pelatihan kejuruan, serta berkontribusi dalam proses intergrasi Regional. Sehingga diharapkan setelah konfrensi ini dapat menghasilkan kerjasama dengan komunitas bisnis untuk meningkatkan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang berorientasi pada pasar kerja, harmonisasi standar dan sertifikasi yang dapat diakui secara regional, mengukur mutu/kualitas TVET baik secara input maupun kinerja.

Astra yang diwakili oleh Aloysius Budi, Chief of Corporate Human Capital Development PT. Astra International Tbk, menyampaikan perspektif  dari sudut pandang industri tentang kualitas hasil TVET yang ada saat ini serta kualitas TVET yang diharapkan oleh industri. Selain itu disampaikan bagaimana komitmen Grup Astra untuk berkontribusi memenuhi kebutuhan kualitas TVET, salah satunya melalui Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra), lembaga pendidikan formal vokasi setingkat D3 yang sistem pembelajarannya dilakukan secara link & match dengan dunia industri dengan dukungan dari Grup Astra.  Proses link & match ini diantaranya kurikulum yang diaudit tidak hanya oleh Dikti tetapi juga oleh industri, tenaga pengajar dari industri, program magang selama 6-9 bulan di industri.  Melalui sistem pembelajaran ini diharapkan lulusan Polman Astra dapat memenuhi kebutuhan skills di industri baik di grup Astra maupun industri di luar grup bahkan memiliki daya saing dengan lulusan serupa di kawasan regional.

 

 

Polman Astra dalam Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013

Monday, 23 December 2013 13:04 Nino Silvana
Print PDF
There are no translations available.

Polman Astra dalam Kompetisi Kincir Angin Indonesia 2013

Pada 29 November 2013 Politeknik Manufaktur Astra mengikuti Kompetisi Kincir Angin 2013 yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma, Pemerintah Daerah Bantul serta Menteri Pendidikan dan Kebuadayaan. Dengan menciptakan multi blade vertical axis wind turbine tim Polman Astra yang beranggotakan 7 orang mahasiswa bertanding melawan 20 peserta dari Perguruan Tingi dam Politeknik seluruh Indonesia.

Diawali dengan merancang dan mempersiapkan kincir angin di Kampus Polman Astra, pertandingan selanjutnya dilaksanakan di Pantai Baru Pandan Simo, Yogyakarta. Dengan memanfaatkan arah angin laut, kincir angin yang diciptakan oleh Tim Polman Astra dapat bekerja dengan baik meskipun mengalami beberapa kendala. Namun dengan adanya kendala yang dialami Tim Polman Astra seperti jatuhnya tower, ketidaksesuaian ukuran gear rasio yang menimbulkan tegangan alternator yang tidak dapat mencapai kondisi operasi tidak membuat tim putus asa dan patah semangat. Dari hasil kerja keras, Tim MVAWT Polman Astra berhasil dinobatkan sebagai Kincir dengan inovasi terbaik.

 

Last Updated on Monday, 23 December 2013 13:26
 

Pisah Sambut Pengurus Yayasan Astra Bina Ilmu

Monday, 18 November 2013 13:20 Suhendra
Print PDF
There are no translations available.

Pisah Sambut Pengurus Yayasan Astra Bina Ilmu

Jum’at 25 Oktober 2013, Yayasan astra Bina Ilmu (YABI) mengadakan lepas sambut untuk kepengurusan YABI. Perubahan kepengurusan kali ini terjadi sangat istimewa karena perubahan yang terjadi tidak hanya terjadi di Dewan Pengurus tetapi juga pada Dewan Pengawas, selain itu para pengurus lama yang digantikan kali ini juga akan mengakhiri masa baktinya dari Grup Astra.

Pada Dewan Pengawas terjadi perubahan dari Niniek Dhamayanti digantikan oleh Emma Poedjawati, sementara pada Dewan Pengurus terjadi pergantian Ketua Umum dari Siswanto Prawiroatmodjo kepada Hamdhani Dzulkarnaen, Sekertaris dari Yusnani Tjandrawati ke Ary Mariano, Bendahara dari Endang Indriati kepada Regina Okthory, untuk perubahan Anggota Dewan Pengurus mundurnya Gustav Afdhol Husein serta masuknya Aloysius Budi dan David Budiono.

Diawali dengan sambutan oleh Ketua Dewan Pembina YABI Djoko Pranoto, mengharapkan perubahan kepengurusan baru ini yang diisi lebih banyak orang muda menjadi moment bagi YABI untuk bisa lebih dinamis dan semangat memajukan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra). Dilanjutkan dengan sambutan dari Siswanto Prawiroatmodjo yang terasa lebih istimewa karena tidak hanya sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus YABI (2005-2013) tetapi juga sebagai yang membidani lahirnya YABI maupun Polman Astra pada tahun 1995 saat masih di PT. Federal Motor dan mempimpin langsung Polman Astra sampai tahun 2005, berharap YABI maupun Polman Astra bisa terus berkembang dan menghasilkan lulusan terbaik  dan siap menjawab kebutuhan industri serta mampu disandingkan menjadi MIT-nya Indonesia.

 

Last Updated on Monday, 18 November 2013 13:27
 

Wisuda Polman Astra ke XIV dan Dies Natalies XVIII

Monday, 18 November 2013 12:34 Suhendra
Print PDF
There are no translations available.

Wisuda Polman Astra ke XIV dan Dies Natalies XVIII

 

Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) pada 30 Oktober 2013. Bertempat di Gedung Puri Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur wisuda ke XIV dan Dies Natalies ke XVIII dipimpin oleh Ketua Pembina Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) Joko Pranoto dan turut dihadiri Presiden Direktur PT Astra International Prijono Sugiarto, jajaran eksekutif Astra, Dewan Pembina, Dewan Pengawas, Dewan Pengurus YABI, jajaran Manajemen Polman Astra, perwakilan dari industri, perguruan tinggi dan undangan lainnya.

Pada wisuda tahun 2013 ini Polman Astra telah meluluskan 217 mahasiswa yang tersebar di 7 program studi dan 74 lulusan diantaranya adalah mahasiswa peraih Beasiswa Prestasi Astra. Hal ini merupakan kedua kalinya Polman Astra meluluskan mahasiswa Program Beasiswa Prestasi Astra sejak  tahun 2009. Program beasiswa ini membiayai 35% mahasiswa yang diterima seiap tahun pada semua program studi di Polman Astra. Selain mahasiswa dari Program beasiswa tersebut Polman Astra juga meluluskan 9 mahasiswa program Beasiswa PT Astra Agro Lestari Tbk.

Pada laporan singkat Direktur Polman Astra Yakub Liman menyampaikan apa yang telah dilakukan Polman Astra pada setahun akhir dalam proses pembelajaran yang tidak hanya didukung oleh industri di Grup Astra saja tetapi juga telah melibatkan UKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).  Setelah melantik 217 wisudawan-wisudawati Ahli Madya Teknik Program Diploma III (D3), Ketua Dewan Pembina YABI Joko Pranoto dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan orang tua wisudawan serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses pembelajaran yang berjalan di Polman Astr. Selain itu sebagai salah satu perusahaan terbaik dan terbesar di tanah air, Grup Astra tentunya membutuhkan banyak tenaga terampil untuk mendukung pertumbuhan usahanya, khususnya di bidang manufaktur, sumber daya alam, teknologi informatika dan infrastruktur. Ditekankan pula komitmen dari jajaran di Grup Astra, mulai dari Board of Director PT Astra International Tbk, para Direksi dan Manajemen Affiliated Company, seluruh pengurus Yayasan Astra Bina Ilmu dan para pengelola Polman Astra yang secara terus menerus membangun dan mengembangkan Polman Astra sebagai bagian kepedulian kita turut serta mencerdaskan anak bangsa.

Ketua Koordinator Kopertis Wilayah III, yang diwakili Ir. Dadang Sugiarto, MA. sebagai Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati dan terima kasih kepada Grup Astra atas komitmen yang berkesinambungan dalam pengembangan pendidikan yang berbasis pada pendidikan keahlian khususnya melalui Polman Astra sebagai salah satu jawaban terhadap kebutuhan industri saat ini.

Dalam wisuda kali ini juga diberikan penghargaan bagi beberapa mahasiswa yang berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif tertinggi (IPK) dan Tugas Akhir (TA) terbaik pada semua program studi. Mewakili rekan seangkatan, Ari Setyawan yang merupakan mahasiswa peserta Program Beasiswa Astra berasal dari Purworejo sebagai mahasiswa peraih IPK tertinggi angkatan ini dan telah bekerja di PT Inti Ganda Perdana (IGP), menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap civitas academica Polman Astra atas apa yang telah diterima selama menjalani proses pembelajarandi Polman Astra khususnya beasiswa yang telah diterima selama tiga tahun telah menghantarkannya sampai saat ini masuk dunia nyata di industri.

 

 

HUT Polman ke 18

Friday, 13 September 2013 12:51 Suhendra
Print PDF
There are no translations available.

HUT Polman Astra ke 18 Tahun

 

Tepat pada tanggal 30 Agustus 2013 Politeknik Manufaktur Astra (polman Astra) menginjakkan usianya diangka 18 tahun, mulai masuk ke usia dewasa bagi lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI). Perayaan yang sederhana diwujudkan dalam kebersamaan karyawan Polman Astra untuk memeriahkan HUT kali ini. Selain Manajemen dan karyawan Polman Astra, turut hadir pula Djoko Pranoto Ketua Dewan Pembina YABI dan Hamdhani Dzulkarnaen Ketua Umum Dewan Pengurus YABI.

Dengan tema Transformation for The Future, perayaan HUT Polman diawali dengan atraksi rampak gendang karyawan dan mahasiswa Polman Astra. Berlanjut keacara berikutnya Direktur Polman Astra Yakub Liman dan Ketua Umum Dewan Pengurus YABI menyampaikan beberapa sambutan dengan pesan dan harapan agar Polman terus menjadi kesatuan yang tergambarkan seperti  suguhan rampak gendang yang berasal dari masing-masing jenis alat musik dapat menjadi satu kesatuan suara yang harmonis.

Rangkaian acara berlanjut pada pemotongan tumpeng oleh Djoko Pranoto dan Hamdhani Dzulkarnaen dan secara simbolis diberikan kepada perwakilan karyawan dan mahasiswa Polman. Perayaan juga dimeriahkan dengan suguhan musik dari karyawan dan UKM Musik mahasiswa Polman Astra. Disela-sela acara, Polman Astra secara simbolis menyerahkan beasiswa prestasi  PT Astra International, PT United Tractors dan PT Astra Agro Lestari kepada 6 perwakilan mahasiswa serta pemberian penghargaan masa bakti 10 dan 20 tahun.

Last Updated on Friday, 13 September 2013 12:56
 


Page 1 of 2