News

Worlddidac Asia Hong Kong 2016: Polman Astra Model Kerjasama TVET

Friday, 12 August 2016 16:10 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Hong Kong (6/7). Sistem TVET (Technical Vocational Education and Training) yang diterapkan oleh Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) mendapatkan perhatian khusus dari Worlddidac Association melalui undangan untuk menjadi nara sumber best practice dalam Worlddidac Asia - TVET CONNEX 2016 yang diadakan pada 7 sampai 9 Juni 2016 di Hong Kong Convention and Exhibition Center.

Bersama dengan Agnes Mak, Direktur Eksekutif Hong Kong Productivity Council, Christoper To Direktur Eksekutif Hong Kong Construction Industry Council, Thomas Mehrmann CEO Hong Kong Ocean Park, Prof. Philip Yeung Direktur Eksekutif Clothing Industry Authority, serta Prof. Razali Hassan dari Universiti Tun Husein Onn Malaysia, Direktur Polman Astra Tony Harley Silalahi memberikan pemaparan tentang best practices penyelengaraan TVET pada sesi "Making TVET Partnership Work."

Sesi ini adalah bagian dari TVET CONNEX 2016 yang menghadirkan best practices, dimana Polman Astra dan beberapa institusi pendidikan vokasi di Hong Kong and Malaysia diundang oleh Worlddidac Association karena dinilai selama ini berhasil untuk memperkecil kesenjangan profil lulusan dengan kebutuhan industri. Sesi yang dimoderatori oleh Mitzi Leung dari UNESCO Hong Kong Association ini diangkat seiring dengan makin populer dan pentingnya peran pendidikan vokasi dalam meningkatkan ketahanan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Karena itu kolaborasi antara institusi penyelenggara vokasi dan industri menjadi sangat penting guna mendukung tercapainya objektif tersebut.

TVET institution harus mampu menawarkan competitive values bagi industi meningkatkan daya saing industri, sehingga industri dapat tertarik untuk berkontribusi untuk pengembangan TVET, ujar Tony dalam presentasinya yang menjabarkan secara rinci tentang Astra Dual System yang diimplementasikan oleh Polman Astra. Astra Dual System dibangun berbasiskan kebutuhan industrial development framework dapat mengakomodasi skill gap yang terjadi antara industri dan level pendidikan vokasi menengah maupun dengan pendidikan tinggi vokasi. Walaupun Polman Astra adalah bagian dari grup Astra, namun program pendidikan vokasi yang dilaksanakan lewat Astra Dual System harus mampu memberikan nilai tambah dengan implementasi pembelajaran yang berorientasi kepada pembentukan karakter Quality, Productivity, Problem Solving and juga Innovation yang tidak dapat diraih tanpa kerjasama yang mutualis dengan industri.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Agnes Mak, yaitu dengan menambahkan penekanan tentang pentingnya inisiatif oleh sektor swasta untuk menghadapi tantangan perubahan profil human capital di masa depan yang dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi industri generasi ke-empat (Industry 4.0). Christoper dan Prof. Philip dalam presentasi mereka juga menilai bahwa inisiatif pengembangan TVET dari industri diperlukan dalam bisnis tertentu yang masih memerlukan tenaga kerja yang memilki profil kompetensi yang tinggi seperti misalnya di bidang konstruksi atau bidang yang memerlukan sistem otomasi terkini seperti di industri manufaktur tekstil.

 

Worlddidac Asia 2016 kali ini didukung oleh 71 narasumber dari 16 negara yang berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam tiga hari. Acara ini juga dilengkapi dengan pameran berbagai institusi pendidikan dan alat bantu pendidikan. Di hari pertama, Eddie Ng Hak-Kim yang menjabat sebagai Sekretaris Pendidikan Pemerintah Hong Kong SAR memberikan Keynote Speech dengan tajuk "The Next Shift for Hong Kong" yang memaparkan bebagai insiatif yang diambil oleh pemerintah Hong Kong untuk meningkatkan pamor pendidikan vokasi untuk masa depan Hong Kong yang lebih baik. Topik hangat yang dibahas pada berbagai sesi pada hari pertama ini antara lain tentang pembelajaran vokasi berbasiskan STEM (Science, Technology, Engineering, Math) dan juga eksposur industri generasi ke-4 yang memberikan tantangan lebih kompleks untuk institusi TVET di masa yang akan datang.

 

polman-worldidac1polman-worldidac2

 

kunjungan Board of Director Omron Corporation ke POLMAN ASTRA

Friday, 12 August 2016 15:18 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Pada tanggal 11 Agustus 2016, Akio Sakumiya ,Vice President Executive Omron Corporation berkesempatan berkunjung ke POLMAN ASTRA yang mereka pandang sebagai salah satu partner penting di Indonesia. Selain BOD Omron Corporation mendampingi juga dalam kunjungan tersebut adalah President Omron Asia Pasific, Litaka dan Manajer Asia Pasific, Aris Toh. Litaka sendiri tidaklah asing dengan POLMAN ASTRA karena kurang lebih sebulan yang lalu beliau pernah menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Astra Energy Summit yang juga diselenggarakan POLMAN ASTRA.

Rombongan Omron diterima langsung oleh ketua Dewan Pengurus YABI, Hamdhani Dzulkarnaen; Tony Harley Silalahi (Direktur) ; Tonny Pongoh (WADIR I) ; Endro Wahyono (WADIR II) ; Yohanes C Sutama (Kepala Prodi Mesin Otomotif) ; Teofilus Larosa (sekretariat institusi).

 

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih empat jam ini diisi dengan kunjungan rombongan Omron ke Laboratorium POLMAN, Museum Astra dan diskusi hangat di Ruang Rapat Bundar lantai 6 gedung A. kegiatan ini ditutup dengan jamuan makan malam yang diadakan oleh OMRON bersama para pejabat YABI/POLMAN.

berikut adalah dokumentasi dan captionnyapolman-omron8.jpgpolman-omron2.jpgpolman-omron3.jpgpolman-omron1.jpgpolman-omron7.jpgpolman-omron5.jpg

 

Seminar Nasional Astra Green Energy Summit 2016

Monday, 08 August 2016 14:31 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Seminar Nasional Astra Green Energy Summit 2016

Petunjuk Penulisan Call for Paper AGES, klik disini

Last Updated on Wednesday, 10 August 2016 09:33
 

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Perguruan Tinggi Swasta (MONEV PTS)

Friday, 05 August 2016 00:00 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Pada hari ini, Jumat 5 Agustus 2016 , POLMAN ASTRA mendapatkan kunjungan dari KOPERTIS wilayah III Kementerian riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam rangka “MONITORING dan EVALUASI Perguruan Tinggi Swasta (MONEV PTS)”.

Berdasarkan surat tugas no 1016/K3/KP/2016 Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III Jakarta , Putut Pujogiri, SH , memberikan tugas kepada :

1.      Sri Mastuti, Kepala Seksi dan Kelembagaan dan Kerjasama

2.      Tri Munanto , Staf Kelembagaan dan Kerjasama

3.      Titah Widihastuti, Staf Seksi Sistem Informasi

4.      Mulhadi , Staf Kopertis wilayah III

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut di POLMAN ASTRA.

Team MONEV PTS hadir pada pukul 11.00 dan diterima langsung oleh Wakil Direktur I POLMAN ASTRA, Tonny Pongoh beserta jajaran pejabat terkait. Rombongan diajak berkeliling melihat fasilitas dan kegiatan baik itu di Laboratorium Praktek dan Ruang Teori serta fasilitas lainnya.

Kunjungan ini merupakan bagian dari fungsi Kopertis yang secara rutin melakukan Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta dilingkungan Kopertis Wilayahnya.

Setelah dokumen-dokumen yang diminta bisa kita perlihatkan kepada team MONEV PTS, pada pukul 16.00 rangkaian kegiatan ini ditutup.

 

Berikut beberapa dokumentasi dan captionnya

polman-monevkopertis1.jpgpolman-monevkopertis2.jpgpolman-monevkopertis3.jpgpolman-monevkopertis4.jpgpolman-monexkopertis6.jpg

Last Updated on Friday, 12 August 2016 15:17
 

Penandatanganan MoU kerjasama POLMAN ASTRA dan Politeknik Negeri Malang

Wednesday, 20 July 2016 09:42 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Pada tanggal 18 Juli 2016 bertempat di Politeknik Negeri Malang telah dilaksanakan penandatangan MoU kerjasama POLMAN ASTRA dan Politeknik Negeri Malang (Polinema) , untuk memperkuat kerjasama POLMAN ASTRA dengan Politeknik-Politeknik terkemuka di Indonesia. Delegasi POLMAN ASTRA yang hadir dalam penandatangan tersebut :

1. Tony Harley Silalahi (direktur)

2. Tonny Pongoh (Wadir I)

3. Sasmito Budi Utomo (Badan Penjaminan Mutu)

4. Teofilus Larosa (secretariat Institusi)

Delegasi POLMAN ASTRA diterima langsung oleh direktur Polinema , Dr.Ir. Tundung Subali Patma ,MT. dan Pembantu Direktur 1, Dr.Drs.Ludfi Djajanto,MBA. Serta Cooperation and Development Expert , Drs.Ir. Abdullah Helmy,Mpd., PhD.

Politeknik Negeri Malang (Polinema) dipandang sebagai salah satu institusi Politeknik yang terbaik di Indonessia, dimana saat ini mereka memiliki student body sebanyak 8500 orang dan didukung oleh 406 tenaga pengajar. Saat ini mereka menjalankan program D3 dan D4 baik ,khususnya di bidang teknik , accounting dan business Administration. Saat ini Politeknik Negeri Malang (Polinema) juga menjalin kerjasama dengan City & Guilds , sebuah badan sertifikasi International dari Inggris di bidang construction engineering.

 

Melalui hal ini Diharapkan Polman Astra bisa terus  mengembangkan kerjasama ini dalam berbagai bentuk aktivitas untuk meningkatkan kualitas POLMAN ASTRA dan memberikan solusi kontekstual seiring dengan perkembangan bisnis Astra kedepan.

polman-polinema1.jpgpolman-polinema4.jpgpolman-polinema3.jpg

 


Page 1 of 2