News

Program Beasiswa Prestasi Astra untuk Indonesia Timur tahun 2017 juga mendarat di Maluku Tenggara

Friday, 02 June 2017 13:43 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Tual, Maluku (01/06), bertepatan dengan Upacara Peringatan Kelahiran Pancasila, Polman Astra menyerahkan Beasiswa Prestasi Astra - Program untuk Indonesia Timur di SMK Siwa Lima - Langgur, Kei Kecil di Kabupaten Maluku Tenggara.

Acara Peringatan Kelahiran Pancasila dan Penyerahan Beasiswa untuk Harly J Sanaty dilakukan di Aula SMK Siwa Lima. Selain dihadiri oleh guru-guru dan orang tua penerima beasiswa, acara ini juga diliput oleh RRI - Tual. Pada kesempatan itu diserahkan pula buku Kaizen dari Polman Astra kepada pimpinan sekolah.

Wakil Kepala Sekolah, Wilhelmus Kabrahanubun mengharapkan program kerjasama ini dapat berjalan dalam jangka panjang sehingga bermanfaat  tidak hanya bagi kemajuan Kawasan Kepulauan Kei tapi juga kawasan Tepa, Saumlaki, Aru dan kota-kota pesisir barat Papua. Disampaikan bahwa selain dari kawasan Maluku,  jumlah siswa yang berasal dari pesisir Papua cukup dominan, antara lain dari Kaimana, Timika, Agats dan Merauke.

Sementara itu Agus Soplanit, menyambut baik kerjasama dan ingin segera mewujudkan penandatanganan MoU. SMK Siwa Lima yang telah menyadang akreditasi A, berniat untuk mengirimkan secara periodik beberapa guru untuk ikut magang bidang tertentu di Polman Astra.

Sebagai lembaga vokasi yang didirikan tahun 1942 dan tertua di Maluku, SMK Siwa Lima siap membantu program pengembangan SMK-SMK lainnya di Maluku Tenggara dan Pesisir Papua.

Selanjutnya Ketua Yayasan Siwa Lima ini menyampaikan terima kasih kepada Polman Astra dan PT Astra International Tbk atas bantuan dan perhatiannya. Hal ini menguatkan makna dan implentasi kongkrit dari Pancasila tentang Bhineka Tunggal Ika.

Provinsi Maluku dengan adanya proyek-proyek besar dari pemerintah, seperti Blok Masela dan lainnya sangat membutuhkan tenaga trampil. Pengembangan pendidikan vokasi di kawasan ini diharapkan dapat memberikan konstribusi yang tinggi bagi kemajuan kawasan Indonesia Timur dan Malukupolman_malukutenggara1.jpgpolman_malukutenggara2.jpg Tenggara khususnya. (TPO)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Last Updated on Friday, 02 June 2017 13:51
 

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA

Friday, 02 June 2017 13:36 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA

 

Pancasila adalah dasar negara kita.


Komitmen bersama kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjadi pedoman dalam memajukan bangsa.


Salah satu bentu pengamalan Pancasila adalah memajukan industri Indonesia.


"Membangun industri nasional adalah pengamalan Pancasila. Industri nasional maju akan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto di video singkat ini.


Mari turut memajukan industri Indonesia!

Last Updated on Friday, 02 June 2017 13:39
 

Sharing Knowledge "teknologi 4.0" untuk dunia Industri dan penandatangan MoU antara Polman Astra dan Center for Internet of Things Innovation, National Taiwan University of Science & Technology

Wednesday, 24 May 2017 09:09 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Pada tanggal 10 Mei 2017 yang lalu Polman Astra kembali menggandeng Mitra di luar negeri untuk lebih mengembangkan kualitas penelitian di Polman Astra. National Taiwan University of Science & Technology (NTUST) , Taiwan adalah Perguruan Tinggi pertama dan terbaik dari sistem pendidikan teknik dan kejuruannya di Taiwan. Dilansir melalui situs Wikipedia , Universitas ini termasuk 5 Universitas terbaik di Taiwan khususnya untuk bidang Teknik. Melalui Center for Internet of Things Innovation (CITI) mereka berfokus untuk mengembangkan penelitian khususnya untuk mendukung perkembangan teknologi 4.0 di dunia Industri. Kerjasama dengan CITI-NTUST dipandang sangat strategis bagi Polman Astra untuk memberikan kesempatan kepada para dosen dan mahasiswa Polman Astra untuk berkolaborasi dalam mengembangkan penelitian ke arah teknologi yang paling terkini di dunia Industri juga sebagai bentuk komitmen Polman Astra dalam menjalankan Dharma Perguruan Tinggi sebagai pusat penelitian dan pengembangan khususnya di bidang teknologi terapan.

Direktur CITI-NTUST , Professor Shou-Yan Chou, Ph.D. menghadiri langsung prosesi penandatangan MoU ini yang dilaksanakan bersama dengan Direktur Polman Astra , Tony Harley Silalahi. Pada kesempatan yang sangat berharga tersebut bahkan Prof. Chou demikian beliau biasa disapa, menyediakan diri untuk berbagi ilmu terkait Teknologi 4.0 yang saat ini menjadi trend bagi dunia Industri dalam menghadapi tuntutan jaman yang semakin dinamis dan produktif. Hadir pada sharing knowledge ini para dosen dan mahasiswa Polman Astra serta rekan-rekan PT Astra Otoparts divisi Winteq yang merupakah salah satu affco Astra Group yang juga banyak berkecimpung dibidang pengembangan teknologi.

Disebutkan dalam CV-nya, Prof Chou adalah Profesor kehormatan di NTUST yang juga saat ini menjabat sebagai salah satu penasehat dari pemerintah Taiwan, beliau sudah berkecimpung dalam dunia penelitian sejak 1993 dan telah menerbitkan lebih dari 50 jurnal dan mengikuti lebih dari 70 project penelitian di bidang Internet of Things Innovation, Technology-enabled Services, Economic Adoption Justification, Intelligent Transportation System, Smart Retails, Supply Chain Management, Mass Customization Data Mining, Decision Theory, CAD/CAM, Concurrent Engineering, Computational Geometry. Pengalaman yang begitu luarbiasa tersebut membuat beliau sering diminta menjadi pembicara di konferensi Internasional , termasuk pada tanggal 11 Mei 2017 tempo hari selepas berkunjung ke Polman Astra beliau diminta menjadi pembicara di ITB Bandung.

“kami merasa terhormat dan berbahagia Prof. Chou bisa hadir di Polman Astra membagikan pengalaman dan ilmunya kepada kami dan melalui MoU yang akan ditandatangani kami berharap CITI-NTUST bisa mensupport penelitian, pengembangan dan pembelajaran di Polman Astra khususnya mengenai teknologi 4.0 di bidang industry. Kami juga mengajak seluruh civitas academika Polman Astra untuk bisa memanfaatkan kerjasama yang telah terjalin ini untuk menimba ilmu dan membuat suatu inovasi guna pengembangan kompetensi yang pasti akan berguna bagi Industri Astra khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya” demikian diungkapkan Tonny Pongoh , Wakil Direktur I Polman Astra dalam sambutannya.

polman_citi1.jpgpolman_citi2.jpgpolman_citi3.jpgpolman_citi4.jpgpolman_citi5.jpgpolman_citi6.jpgpolman_citi7.jpgpolman_citi8.jpgpolman_citi9.jpg

 

 

Last Updated on Wednesday, 24 May 2017 10:46
 

Bahas Sinergi Pendidikan Vokasi, Polman Astra Gelar Dialog dengan 5 SMK Terbaik Balikpapan

Saturday, 20 May 2017 00:00 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Balikpapan, Kalitim: Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) mengadakan forum dialog dan tukar pendapat dengan SMK unggulan di Kota Balikpapan, pada hari ini Sabtu (20/05). Termasuk diantaranya SMK Negeri 1 Balikpapan, SMK Negeri 5 Balikpapan, SMK Negeri 6 Balikpapan, SMK Kartika, SMK Setia Budi dan SMK Pangeran Antasari yang merupakan beberapa SMK terbaik bidang teknik di Kota Balikpapan.

Forum ini merupakan sebagian dari serangkaian acara peringatan ulang tahun PT Astra International Tbk yang mengusung tema “Inspirasi Astra untuk Anak Bangsa” dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 21 Mei di Kota Balikpapan.

Dialog yang menitik beratkan tentang sinergi Pendidikan Menengah dan Tinggi Vokasi dalam memenuhi kebutuhan industri, mendapatkan dukungan dari Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, dimana Balikpapan telah dicanangkan sebagai Kota Vokasi ke-5 di Indonesia dan satu-satunya di luar Pulau Jawa.

Dalam kesempatan tersebut Polman Astra memperkenalkan best practices sistem vokasi “Astra Dual System” yang selama ini diterapkan dalam menghasilkan lulusan Diploma 3 yang kompeten dan siap untuk bekerja di Industri.

“Astra Dual System” yang diadopsi dari sistem Pendidikan vokasi yang terbukti unggul di negara Industri maju seperti Jerman, Swiss dan Austria, perlu didukung dengan keselarasan yang kuat secara vertikal antara pendidikan menengah dan pendidikan tinggi vokasi dan secara horizontal antara pendidikan vokasi dan industri”, ujar Tony Harley Silalahi Direktur Polman Astra.

Tony memberikan pemaparan tentang tantangan Pendidikan Tinggi saat ini dan tantangannya di masa depan mengikuti tuntutan industri global. Selain itu, Polman Astra memperkenalkan aktifitas pembinaan SMK oleh Center for Vocational Education Development (CVED) yang telah membina 20 SMK di wilayah Jawa melalui program Inovasi KAIZEN goes to SMK dan Program Magang Guru SMK.

“Sejak tahun 2012, Polman Astra mendirikan CVED sebagai bentuk insiatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan menengah vokasi, tentunya baik industri dan perguruan tinggi vokasi akan merasakan dampak positif dari pengembangan ini jika nantinya dapat terus dikembangkan skalabilitasnya”, tambah Tony Harley Silalahi.

Menyambut baik acara ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Muhaimin, mengatakan Pola kemitraan antara pendidikan menengah vokasi dan pendidikan tinggi vokasi. Termasuk program beasiswa dan rekrutmen Siswa kelas XII SMK untuk bisa diterina di pendidikan tinggi vokasi terutama bagi yang berprestasi dan bagi keluarga miskin.”

Beasiswa Prestasi Astra

Selain program pengembangan SMK, sejak tahun 2009 sebagai bagian dari program SATU INDONESIA, Polman Astra telah memberi kesempatan kepada 35% dari total mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa melalui Program Beasiswa Prestasi Astra. Proses seleksi dijalankan dengan ketat agar memastikan pemberian beasiswa ini tepat sasaran. Keberhasilan dari program beasiswa bukan terserapnya dana yang telah dialokasikan, akan tetapi tercapainya bantuan pembiayaan studi bagi mahasiswa yang betul-betul memerlukan.

Program Beasiswa Prestasi Astra ini telah memberikan peluang kepada 566 siswa terbaik dari 23 provinsi di seluruh Indonesia untuk menimba ilmu dan berkarya di Polman Astra.

Yayasan Astra Bina Ilmu yang menaungi Polman Astra, merupakan 1 dari 9 yayasan milik Astra yang fokus di bidang pendidikan. Di bidang kontribusi sosial, Astra juga menempatkan pendidikan sebagai pilar pertama bersama dengan pilar Lingkungan, Kewirausahaan dan Kesehatan. Hal tersebut sejalan dengan filosofi Astra, Catur Dharma butir yang pertama, Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara.

 

polman_astra60balikpapan6.jpg

 

polman_astra60balikpapan1.jpgpolman_astra60balikpapan2.jpgpolman_astra60balikpapan5.jpg

 

Last Updated on Tuesday, 23 May 2017 14:28
 

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2017

Wednesday, 03 May 2017 15:58 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

hari_pendidikan_3mod.jpg

Last Updated on Wednesday, 03 May 2017 16:05
 


Page 1 of 6