News

Penandatanganan MoU kerjasama POLMAN ASTRA dan Politeknik Negeri Malang

Wednesday, 20 July 2016 09:42 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Pada tanggal 18 Juli 2016 bertempat di Politeknik Negeri Malang telah dilaksanakan penandatangan MoU kerjasama POLMAN ASTRA dan Politeknik Negeri Malang (Polinema) , untuk memperkuat kerjasama POLMAN ASTRA dengan Politeknik-Politeknik terkemuka di Indonesia. Delegasi POLMAN ASTRA yang hadir dalam penandatangan tersebut :

1. Tony Harley Silalahi (direktur)

2. Tonny Pongoh (Wadir I)

3. Sasmito Budi Utomo (Badan Penjaminan Mutu)

4. Teofilus Larosa (secretariat Institusi)

Delegasi POLMAN ASTRA diterima langsung oleh direktur Polinema , Dr.Ir. Tundung Subali Patma ,MT. dan Pembantu Direktur 1, Dr.Drs.Ludfi Djajanto,MBA. Serta Cooperation and Development Expert , Drs.Ir. Abdullah Helmy,Mpd., PhD.

Politeknik Negeri Malang (Polinema) dipandang sebagai salah satu institusi Politeknik yang terbaik di Indonessia, dimana saat ini mereka memiliki student body sebanyak 8500 orang dan didukung oleh 406 tenaga pengajar. Saat ini mereka menjalankan program D3 dan D4 baik ,khususnya di bidang teknik , accounting dan business Administration. Saat ini Politeknik Negeri Malang (Polinema) juga menjalin kerjasama dengan City & Guilds , sebuah badan sertifikasi International dari Inggris di bidang construction engineering.

 

Melalui hal ini Diharapkan Polman Astra bisa terus  mengembangkan kerjasama ini dalam berbagai bentuk aktivitas untuk meningkatkan kualitas POLMAN ASTRA dan memberikan solusi kontekstual seiring dengan perkembangan bisnis Astra kedepan.

polman-polinema1.jpgpolman-polinema4.jpgpolman-polinema3.jpg

 

Proses Visitasi dalam rangka Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) POLMAN ASTRA

Tuesday, 28 June 2016 15:11 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

ada tanggal 16 Juni 2016 bisa dicanangkan sebagai salah satu hari yang bersejarah bagi POLMAN ASTRA dimana untuk kali pertama kita menghadapi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT). Hal ini merupakan tindak lanjut dari Dokumen Borang Akreditasi Institusi yang telah kita kirimkan satu setengah bulan yang lalu kepada BAN-PT.

Para Assesor yang ditunjuk oleh BAN-PT untuk melakukan visitasi dalam rangka AIPT POLMAN ASTRA adalah :

· Prof.Dr.Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc.  dari Institut Teknologi Bandung (ITB)

· Prof.Dr.Ir. Tineke Mandang, M.S.  dari Institut Pertanian Bogor (IPB)

· Prof. Hafied Cangara, Ph.D., M.Sc.  dari Universitas Hasanudin (UNHAS)

Berdasarkan rundown Team assesor akan melaksanakan proses visitiasi selama satu hari penuh mulai pukul  8.00  hingga pukul 16.30. Hal ini meliputi kegiatan peninjauan langsung ke fasilitas pendidikan, melakukan wawancara dengan alumni, pengguna lulusan , mahasiswa, instruktur dan dosen serta tenaga support yang menunjang kegiatan perkuliahan di POLMAN ASTRA.

Walaupun Kegiatan ini dilaksanakan disaat sebagian besar dari civitas academica sedang menjalankan ibadah bulan puasa ternyata tidak menyurutkan semangat mereka dalam memberikan impresi yang terbaik dalam kegiatan visitasi ini.

Pada pukul 17.30, akhirnya para Assesor menyampaikan hasil temuan-temuan selama proses visitasi kepada manajemen POLMAN ASTRA . “kita patut bersyukur kepada Tuhan atas banyak hal yang telah kita capai saat ini dan juga kita diajak untuk terus berusaha melakukan perbaikan-perbaikan terhadap hal-hal yang dideskripsikan oleh para assessor sebagai temuan -temuan“ demikian diungkapkan oleh Sasmito Budi Utomo, Kepala Badan Penjaminan Mutu. “Untuk hasil nilai yang akan didapat oleh institusi POLMAN ASTRA , kita masih harus menunggu keputusan final dari BAN-PT yang akan diumumkan satu hingga dua bulan kedepan, terimakasih atas dukungan seluruh civitas academika POLMAN ASTRA sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar“  lanjut beliau.

Semoga melalui proses AIPT ini POLMAN ASTRA bisa menjadi institusi pendidikan Vokasi yang makin bermutu dan menjadi kebanggaan bagi Astra dan bangsa Indonesia.

polman-aipt21.jpg

polman-aipt41.jpg

polman-aipt71.jpg

 

polman-aipt101.jpgpolman-aipt181.jpgpolman-aipt141.jpgpolman-aipt11.jpg

Last Updated on Wednesday, 29 June 2016 10:23
 

Peran Serta POLMAN ASTRA dalam Honda 7th Technical Contest for Technical High School PT AHM

Monday, 06 June 2016 14:47 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menyelenggarakan Honda 7th Technical Contest for Technical High School. Kompetisi ini diikuti 25.440 siswa dari 447 SMK dan meloloskan 42 finalis.  Putaran FINAL dilangsungkan di Jakarta, atau tepatnya di Astra Honda Training Centre (AHTC) Sunter. Dalam  acara ini PT AHM juga menggelar acara workshop bagi SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) Honda, acara tersebut diselenggarakan di HOTEL SANTIKA , Kelapa Gading. Dalam kesempatan tersebut POLMAN ASTRA diundang juga untuk memaparkan program-program yang bisa disinergikan dengan SMK khususnya dalam pengembangan dunia pendidikan VOKASI. Tonny Pongoh , WADIR I POLMAN ASTRA berkesempatan menjabarkan program-program tersebut di hadapan para kepala sekolah SMK Tempat Uji Kompetensi (TUK) Honda.

Puncak Acara Penutupan dan Penyerahan penghargaan dilangsungkan secara meriah di La Piazza , Kelapa Gading. Dan seperti di tahun sebelumnya POLMAN ASTRA berkomitmen untuk memberikan BEASISWA PRESTASI ASTRA tahun akademik 2017-2018 kepada juara I kompetisi ini. Hadiah ini bisa digunakan oleh sang juara untuk melanjutkan pendidikan ke POLMAN ASTRA secara GRATIS , bahkan yang bersangkutan mendapatkan uang saku per bulannya.

 

Dan tahun ini juara I Honda 7th Technical Contest for Technical High School, jatuh kepada Deni Kusumawan yang berasal dari SMKN 1 Bendo , Magetan Jawa Timur.

polman-ahmcontest4

 

polman-ahmcontest5

polman-ahmcontest1

polman-ahmcontest2polman-ahmcontest3

Last Updated on Monday, 06 June 2016 15:03
 

PT. Astra Otoparts, Tbk. menyelenggarakan Technology Seminar bertajuk Industry 4.0, Intelligent Manufacturing System

Wednesday, 01 June 2016 16:15 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Pada hari Selasa 1 Juni 2016 PT Astra Otoparts Tbk menyelenggarakan seminar teknologi dengan tajuk Industry 4.0, Intelligent Manufacturing System.

Pada sesi pertama, Reiza Triestanto, dari Winteq Divison- PT Astra Otoparts Tbk, membuka sesi dengan memberikan penjelasan tentang Industry 4.0 dan contoh visi implementasinya di masa depan. Beliau menegaskan 9 core technology Indsutry 4.0: Augmented reality, Big data, Additive manufacturing, Autonomous robot, simulation, HV system integration, Internet of Things, Cloud Comuputing and Cyber security.

Prianggada Indra Tanaya , pembicara dari International University Liaison Indonesia, memperkuat penjelasan Industry 4.0 dengan menjelaskan filosofi dari Intelligent Manufacturing System yang dapat diimplementasikan secara bertahap dengan Hollow Computing System. Beliau optimis bahwa dalam project manajemen yang kuat membangun prototype manufacturing machine yang sederhana dapat direalisasiskan.

Winteq dan AOP Engineering Development System mensharingkan best practices mereka dalam  mengembangkan special purposed machine dan testing system dalam pengembangan produk. Winteq memiliki pengalaman yang kuat dalam pengembangan mesin industri sudah mulai mencoba untuk secara perlahan mengadapatasi teknologi Industry 4.0.

Di sesi terakhir , Kwe Kosasih ,Engineering Development Center Divison ,PT Astra Otoparts Tbk, yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Program Studi P4 Polman Astra, menjelaskan aktivitas pengembangan dan testing produk yang dilaksanakan di EDC, mulai mengutilisasi sistem virtual, walaupun sebagain besar testing masih dilakukan secara fisik. Namun nantinya dengan teknologi Industry 4.0 nantinya product development dapat menggunakan metodologirapid virtual prototyping dimana pemanfaatan database sangat diperlukan.

Seminar ini juga menghadirkan pembicara, Hon Poh Wai dari Tateyama Auto-Machine Malaysia.(TLA)

berikut liputan foto dan captionnya :

polman-aop1


 

 

polman-aop2

Last Updated on Wednesday, 01 June 2016 16:28
 

Studi Banding Sri Lanka German Training Institute (SLGTI) ke POLMAN ASTRA 23 Mei 2016

Wednesday, 01 June 2016 15:58 Thomas Hargono
Print PDF
There are no translations available.

Pada tangal 23 Mei 2016 yang lalu , POLMAN ASTRA menerima kunjungan dari Sri Lanka German Training Institute (SLGTI). Kunjungan yang difasilitasi oleh ATMI-BizDEC dan disupport oleh GOPA Worldwide Consultant bertujuan untuk melakukan benchmarking implementasi TVET (Technical Vocational Education and Training) di Indonesia. Dalam hal ini mereka menyasar POLMAN ASTRA dan ATMI-Solo sebagai tempat study banding. GOPA Worldwide Consultant sendiri merupakan perusahaan konsultasi swasta yang berkantor pusat di Bad Homburg, Jerman. Saat ini mereka sedang mengembangkan sebuah program bernama SLGTI di Killinochchi , Sri Lanka Utara

 

Delegasi yang terdiri dari 20 dosen dan instruktur dari SLGTI yang kebanyakan berasal dari bidang teknologi pangan dan otomotif.Mereka terlihat sangat antusias sekali mengikuti program ini. Mereka berkesempatan untuk melihat fasilitas workshop POLMAN ASTRA dan berdiskusi dengan pihak manajemen serta para pejabat-pejabat terkait di POLMAN ASTRA.

Berikut liputan foto dan captionnya :

Tony Harley Silalahi, direktur POLMAN ASTRA menyambut kedatangan para dosen dan instruktur yang berasal dari Sri Lanka dalam rangka Studi Banding implementasi TVET di POLMAN ASTRA. Selain itu tampak pula Wakil Direktur I , Tonny Pongoh  ,serta jajaran sekretaris Program Studi dan juga staff POLMAN terkait untuk memastikan bahwa para delegasi bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dalam program studi banding ini.

 

Diskusi yang dilaksanakan di Ruang Executive Lounge lantai 8 Gedung A Komplek Astra International , tampak Teofilus Larosa (secretariat institusi) mengambil peran sebagai moderator dalam diskusi yang hangat ini.

D.H Udana Eranda , salah satu dosen Grade II bidang pangan terlihat mempresentasikan tentang program TVET yang akan diimplementasikan di SLGTI. Dengan sharing yang dilakukan bersama POLMAN ASTRA, mereka berharap bisa semakin memantapkan program TVET yang akan mereka terapkan di SLGTI nantinya.

Sareeha Nadarajah, salah satu dosen dari Teknologi Pangan SLGTI mengajukan pertanyaan bagaimana POLMAN menyusun kurikulum. Dalam sessi Tanya jawab ini para dosen dan instruktur SLGTI sangat antusias sekali menggali informasi terkait kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di POLMAN ASTRA. Hal ini tentunya nanti akan sangat berguna sekali dalam proses pengembangan SLGTI di Sri Lanka.

Kanthimathy Agambaram (kiri), representantive GIZ menyerahkan ucapan terimakasih dan company profile dari SLGTI kepada Tony Harley Silalahi (kanan), direktur POLMAN ASTRA.  GIZ, GOPA dan SLGTI berharap melalui perkenalan dan program studi banding ini bisa menjadi pintu gerbang bagi semua institusi menjalin kerjasama yang saling menguntungkan kedepannya.

Tony Harley Silalahi (Kanan) , direktur POLMAN ASTRA menyerahkan cindera mata untuk Kanthimathy Agambaram (kiri), representantive GIZ sebagai salah satu institusi pendukung penyelenggaraan program studi banding ini.

(ki-ka) Tony Harley Silalahi (direktur POLMAN ASTRA) , R.A.L Galapaththi (konsultan GOPA Representative) , Kanthimathy Agambaram ( representantive GIZ) , Tonny Pongoh (WADIR I POLMAN ASTRA), menyempatkan berfoto bersama

Para dosen dan instruktur SLGTI berbaur dengan dosen , instruktur, staff dan manajemen POLMAN ASTRA, dengan penuh semangat dan keceriaan mengakhiri program studi banding ke POLMAN ASTRA dalam sessi Foto bersama.

Last Updated on Wednesday, 01 June 2016 16:13
 


Page 1 of 2