Skip to main content

Di penghujung tahun 2017 tepatnya tanggal 20 Desember 2017,kembali Polman Astra menyelenggarakan Kuliah umum yang merupakan salah satu rangkaian ACADEMIC DAY 2017 dengan tema “Big Data & Big People”, berbeda dengan kuliah umum sebelumnya yang berfokus pada penambahan wawasan karakter kebangsaan , kuliah umum kali ini yang diselenggarakan di ruang Auditorium AI-HO bisa dikatakan lebih teknis khususnya mengupas tentang perkembangan dunia IT yang sangat pesat dan pentingnya hal ini untuk diantisipasi oleh para mahasiswa sehingga nantinya tidak ketinggalan trend yang terus berubah dengan cepat.

Hadir sebagai narasumber dalam kuliah umum ini Dr. Ir. Lukas, MAI, CISA, IPM , yang merupakan Kepala Program Studi Magister Teknik Elektro (S2) Unika Atma Jaya dan juga Ir. Achmad Abimanyu yang menjabat sebagai Corporate Business Director PT Indosat Mega Media (IM2). Kedua orang ini dipandang sangat tepat memberikan sharingnya terkait tema yang diambil oleh panitia karena latar belakang pendidikannya dan dunia yang saat ini sedang digelutinya.

Pada sessi pembuka Dr. Lukas memaparkan presentasi tentang perkembangan atau evolusi internet  yang dikaitkan dengan evolusi IOT (Internet of Thing). Beliau kemudian menambahkan bahwa perkembangan Internet of Thing (IOT) meningkat dengan pesat sehingga diperkirakan pada tahun 2020 akan ada 50 miliar benda (things) yang terhubung ke internet sehingga menjadi internet of everything. Oleh karena itu data yang dihasilkan akan sangat banyak  sehingga menjadi Big Data. Agar data tersebut dapat dimanfaatkan maka  diperlukan teknologi untuk mengolah data tersebut yaitu machine learning. “Selanjutnya Data tersebut juga harus dilindungi agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu teknologi security juga harus menjadi fokus dalam big data.” Papar Dr.Lukas yang memang adalah seorang yang memiliki spesialisasi dalam hal data sekuriti  “mulai sekarang kita harus bijaksana dalam menghasilkan data agar tidak menyebabkan sampah data” tutup Dr.Lukas sembari mengingatkan para peserta dalam menggunakan perangkat elektronik .

Pada sessi kedua Ir. Achmad Abimanyu berbeda dengan Dr. Lukas yang merupakan seorang akademisi , sebagai seorang praktisi beliau banyak mengupas tentang karakter yang dibutuhkan  oleh dunia kerja dan hal-hal yang perlu disiapkan oleh para mahasiswa sehingga memiliki daya saing yang tinggi di era digitalisasi yang sangat pesat saat ini. “ Para mahasiswa saat ini perlu serius dalam menjalani perkuliahan karena ini adalah fase penanaman kompetensi dasar karena itulah fungsi pendidikan formal termasuk seluruh aktivitas didalamnya” demikian dijelaskan oleh Ir. Achmad Abimanyu, ”Kemudian kalian perlu melakukan pengembangan diri secara vertikal melalui sertifikasi, pengetahuan praktis, dan kemampuan operasional. Kalau secara vertical sudah bisa dilakukan kita juga perlu melakukan pengembangan secara horisontal melalui sertifikasi lanjut, pemahaman proses bisnis, kemampuan perencanaan, manajemen, dan pengawasan. Terakhir melakukan pengembangan diri secara komprehensif yaitu melalui manajemen kontemporer, strategi, isu-isu di perusahaan, psikologi manusia, dan operasi unit bisnis” demikian pesan yang disampaikan Ir. Achmad Abimanyu menutup sessi pemaparan pada kuliah umum tersebut.

Kuliah umum yang dihadiri sedikitnya 200 orang sivitas Polman Astra ini diharapkan bisa menjadi bekal berarti bagi mereka dalam menjalani perkuliahan dan dunia kerja.

“saya mengharapkan seminar ini dapat membuka wawasan mahasiswa tentang teknologi IOT baik secara teori maupun praktek. Dengan  memahami hal tersebut, mahasiswa mampu membekali diri mereka agar mereka siap bekerja di era internet of everything. Selain kemampuan teknikal, mahasiswa juga mampu membekali diri dengan soft skill di era tersebut” demikian harapan dari Abdi Suryadinata Telaga, PhD, ketua Pelaksana dari program ini , beliau adalah dosen yang juga bertugas pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M).

Leave a Reply

EnglishIndonesian