Skip to main content

Mahasiswa Politeknik Astra kembali mendulang sebuah prestasi. Kali ini mahasiswa dari Program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (Prodi TPM) tingkat 3 atas nama Putra Bajra Alwan Azhar dan RM. Temmy Arif Hidayat . Keduanya memenangkan Juara 3 sekaligus dinobatkan sebagai Best Implementation dalam ajang KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL TANIN ke 2 (LKTI TANIN) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program studi Peternakan Universitas Mataram, Lombok.

Mengambil tema “Aktualisasi Generasi Z Sebagai Agent of Change Melalui Peranan IPTEK Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 di Era New Normal” LKTI TANIN tahun ini diikuti oleh Perguruan-perguruan tinggi ternama di Indonesia termasuk Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Surabaya, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Universitas Jember dan juga tuan rumah Universitas Mataram.

Putra dan Temmy sendiri menemukan inspirasi untuk membuat karya tulis dari permasalah yang muncul di lingkungan sekitarnya. Mereka melihat begitu banyaknya limbah kulit keranf hijau dan limbah tongkol jagung di kawasan Jakarta Utara. Sehingga mereka berpikir untuk mengolah limbah tersebut menjadi papan partikel yang tentunya bermanfaat entah untuk pembuatan meja dan barang barang lainnya. Project yang berjalan hingga 1 bulan ini juga bisa berjalan lancar atas bimbingan dari Instuktur dan Dosen Politeknik Astra yaitu Eduardus Dimas Arya dan Faratiti Dewiaudensi.

Dalam keterangannya Putra mengungkapkan komentar juri yang sangat positif sehingga mereka berdua bisa menyabet peringkat ketiga. “para juri sangat mengapresiasi Prototype penelitian kami karena dipandang sangat fungsional untuk dapat diterapkan pada masyarakat” demikian ungkap Putra. Temmy pun mengungkapkan kebahagiaannya karena selain bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka miliki untuk diimplementasikan dalam bentuk alat yang berguna bagi masyarakat, melalui lomba tingkat nasional ini mereka bisa berkenalan dengan para penggiat inovasi dari berbagai universitas di Indonesia. Hal ini tentunya akan memunculkan potensi sinergi dan peningkatan kemampuan inovasi dari para mahasiswa di seluruh Indonesia.

Leave a Reply