Skip to main content

Untuk kedua kalinya Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI Menggelar acara Indonesia Science Day (ISD) di Gedung PP-IPTEK, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pada 25 – 28 April 2019. Dan untuk pertama kalinya Polman Astra bergabung bersama 52 Perguruan Tinggi dan sedikitnya 21 instansi Instansi Kementerian dan Non Kementerian (LPNK) serta komunitas menyemarakkan ISD 2019 ini sebagai exhibitor. ISD 2019 yang mengangkat tema ‘Mendorong terciptanya sumber daya iptek memasuki era Industri 4.0’ sendiri merupakan ajang pameran berbagai kegiatan sains yang didesain dengan konsep mendidik, menginspirasi, dan menghibur masyarakat khususnya generasi muda dalam memajukan sains dan teknologi.

Pada kesempatan ini Lembaga Pengembangan Produk dan Penerapan Teknologi  (LP3T) Polman Astra bersama dengan Winteq salah satu divisi PT Astra Otoparts Tbk., menghadirkan inovasi mesin terbaru yaitu mesin CNC multi fungsi.  Mesin yang  pendanaan riset dan pengembangannya disupport melalui  bantuan dana Hibah RISTEKDIKTI dari Pemerintah ini memiliki 3 fungsi yang sengaja dikembangkan untuk memenuhi Kebutuhan Industri skala menengah kebawah (UMKM). Banyak UMKM saat ini membutuhan mesin Industri yang handal dengan harga murah dan berkualitas. Selain itu diharapkan kehadiran mesin ini bisa menjawab kebutuhan Mesin CNC untuk sarana pendidikan bagi sekolah-sekolah menengah kejuruan yang memerlukan mesin berbasis komputer sebagai media pembelajaran kompetensi bagi siswa SMK.  Pengembangan Mesin CNC multi fungsi  yang  menggabungkan fungsi Mesin CNC Milling, Mesin Laser Cutting dan Mesin 3d Printing ini diharapkan dapat membantu Pengusaha UMKM dari sisi investasi dan area produksi dikarenakan hanya memerlukan 1 mesin CNC multi fungsi dan area produksi seluas 3 m2 . Desain yang kompak, didukung dengan kualitas manufaktur yang baik serta penggunaan komponen standar Industri menjadi nilai tambah dari mesin CNC ini, selain itu mesin ini bisa dibeli dengan harga terjangkau dibandingkan  mesin CNC yang diproduksi di luar negeri.

Penelitian dan pengembangan  mesin CNC multi fungsi ini telah dilakukan sejak tahun 2018, saat ini mesin CNC multi fungsi sudah memasuki tahap penyempurnaan dan diharapkan mulai bisa diterima konsumen pada tahun 2020. Mesin CNC multi fungsi ini dilengkapi dengan kepala mesin yang dapat ditukar (interchangeable) dari  fungsi  Engraving, Laser Cutting, dan 3D printing, hal ini memudahkan operator untuk menentukan proses yang diinginkan.  Untuk sistem controllernya Mesin CNC multi fungsi  menggunakan produk Siemens yang memiliki kehandalan serta mampu mengerjakan hingga kepresisian ±50μm.  Dengan kepresisian ini, diharapkan produk – produk UMKM mampu mengembangkan objek  purna rupa dengan cepat dari bahan plastik (proses 3D printing), lalu bisa dilanjutkan dengan proses produksi dari bahan material  logam lunak, kayu, plastik, karet dengan mesin yang sama bahkan pengerjaan bahan baku kayu, kaca, akrilik bisa dilakukan dengan proses  Laser Cutting pada mesin ini.

EnglishIndonesian