Skip to main content

Pada tanggal 30-31 Mei 2018 yang lalu , Polman Astra menyelenggarakan 2 kegiatan Kuliah Umum dengan tema yang berbeda, namun hal yang menarik dimana kuliah umum kali ini kita kedatangan tamu istimewa dari luar negeri. Yang pertama adalah Mohamed Tanana, Direktur F5 Networks, perusahaan IT security yang berbasis di Amerika Serikat dan satu lagi adalah seorang Doktor yang berkewarganegaraan Indonesia yang saat ini menjadi Dosen di Universitas ternama di Amerika Serikat dan dunia, University of California Berkeley, beliau adalah Dr. George Anwar.

 

Kuliah Umum pada tanggal 30 Mei 2018 diselenggarakan oleh HIMA Program studi (Prodi) Manajemen Informatika (MI), mengambil tema  “Teknologi dalam mendukung Green Energy” , panitia menghadirkan pembicara –pembicara yang kompeten dibidangnya, selain Mohamed Tanana , hadir pula Major Account Manager F5 Networks Indonesia , Tata Ali Taufik dan satu lagi narasumber dari alumni Polman Astra angkatan tahun 2005 yang saat ini berkarya di PT Astra Honda Motor yaitu Irham Nugraha.

 

Pada tanggal 31 Mei 2018, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Polman Astra menghadirkan Dr. George Anwar menjadi pembicara tunggal dalam kuliah umum hari itu, beliau mengambil tema “ An Indonesian Engineering in Berkeley- Robots and All”. Dalam kuliah umum yang dihadiri sedikitnya 250 orang peserta ini Dr. George Anwar mencoba menginspirasi anak anak bangsa untuk berani berinovasi, khususnya di bidang robotika dimana beliau sangat menguasainya. Bahkan dengan semua keahlian dan karya karyanya Saat ini Dr. George Anwar dinobatkan sebagai Kepala Departemen Mechanical Engineering di unit riset University of California Berkeley, sehingga pada presentasinya beliau banyak memperlihatkan karya-karya inovasi Robotic dari mahasiswa-mahasiswa bimbingannya. Bisa dilihat bahwa sumber penelitian di Amerika Serikat juga banyak berasal dari Perguruan Tinggi dan Dr. George Anwar meyakinkan bahwa orang Indonesia tidak kalah bersaing dalam hal inovasi dengan orang-orang Amerika Serikat pun dengan negara –negara yang lain, terbukti di University of California Berkeley yang notabene adalah universitas ternama di Amerika Serikat bahkan dunia , anak anak Indonesia tetap bisa bersaing bahkan unggul dibandingkan mahasiswa lokal atau dari negara lain.

 

Dr. George Anwar mempresentasikan materinya dengan sangat menarik dan karakternya yang khas seorang dosen dari Amerika Serikat yang santai dan humoris bisa seolah menghipnotis para peserta untuk menikmati sajian presentasi dari beliau. Tak salah memang gaya itu melekat pada diri Dr. George Anwar karena walau memeilik darah keturunan Padang dari orang tuanya namunsedari kecil beliau sudah hidup di luar negeri khususnya Amerika Serikat. Tak terasa hamper 3 jam beliau memaparkan materinya, pertanyaan-pertannyaan dari peserta  juga menambah bumbu yang menarik dalam kuliah umum kali ini. Pertanyaan tidak hanya muncul dari para mahasiswa, namun juga dari para Dosen Polman Astra dan juga peserta yang berasal dari Perusahaan-perusahaan Astra Grup seperti AHM dan MTM . Peserta juga datang dari SGU University salah satu universitas mitra dari Polman Astra.

Leave a Reply

EnglishIndonesian