Skip to main content

Kementerian Pendidikan & Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi -Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan menggagas program baru dengan nama SMK PK (Sekolah Menengah Pusat Keunggulan). SMK PK merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Program ini merupakan kelanjutan dari Program sebelumnya yaitu Center of Excellence (COE).

Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan menginginkan optimalisasi proses link and match, sehingga tak salah apabila Politeknik Astra turut digandeng sebagai mitra sekaligus pendamping bagi SMK-SMK yang ditunjuk. Hingga puncaknya pada tanggal 25 Juli 2021 disepakatilah Perjanjian Kerja sama yang menunjuk Politeknik Astra sebagai pendamping SMK PK di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Terdapat 8 SMK yang telah mendaftarkan diri dan memenuhi kualifikasi yaitu SMK 1 Muhammadiyah Jakarta, SMK Negeri 36 Jakarta, SMK Negeri 4 Jakarta, SMK Taman Siswa Rancaekek, SMK Bhakti Nusantara, SMK Negeri 1 Rangkasbitung, SMK Negeri 5 Serang, SMK Negeri 1 Tirtajaya.

Kick-off pendampinagn sendiri sudah dilakukan tanggal 19 Juli 2021 yang lalu, dan Nantinya pendampingan akan dilakukan secara daring dan luring oleh para dosen Politeknik Astra terhadap pihak sekolah. Pendampingan juga akan melibatkan pihak DUDI (Dunia Industri dan Dunia Usaha) melalui penyelenggaraan Fokus Grup Diskusi (FGD). Pendampingan dilakukan meliputi kompetensi keahlian yang diunggulkan di sekolah, penggunaan teknologi dan juga pedagogik.

Inilah perwujudan nyata program pengabdian masyarakat yang wajib diemban Politeknik Astra sesuai fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diharapkan melalui program SMK PK kelak bisa menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

Leave a Reply

EnglishIndonesian