Skip to main content

Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional yang menyasar lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan skema pelatihan masing-masing. Untuk kali kedua sejak tahun 2020, Politeknik Astra mengambil peran sebagai mitra Badan Penelitian dan Pengembangan sumber daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship.
Bersama dengan 30 Politeknik diseluruh Indonesia, Politeknik Astra berkomitmen dalam pengembangan sumberdaya manusia bidang teknologi khususnya di level teknisi dalam bidang digital. Dan untuk kesempatan kali ini Politeknik Astra membuka 2 program pelatihan yaitu Junior Web Developer dan Junior Mobile Programmer. Antusiasme peserta yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia juga sangat tinggi. Sejak dibuka hingga ditutup tercatat 56 peserta mendaftarkan program VSGA di Politeknik Astra. mereka yang adalah lulusan lulusan Pendidikan Vokasi (SMK, D3, D4) bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Multimedia telah lolos saringan yang dilakukan panitia DTS.

Pelatihan sendiri dilaksanakan sejak tanggal 26 Juli -27 Agutus 2021 secara daring/online. Para Trainer yang merupakan dosen dan instruktur Program Studi Manajemen Informatika tidak hanya membekali pengetahuan namun juga softskill bagi para peserta. Bahkan bagi peserta yang memenuhi ketentuan bisa mengikuti program sertifikasi industri sesuai dengan tema pelatihan yang diikuti.

Inilah wujud nyata kerjasama triple helix (instansi pemerintahan, sektor swasta, dan institusi pendidikan) yang diberikan Politeknik Astra sehingga diharapkan melalui program ini dapat meningkatkan kompetensi anak – anak muda yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi digital.

Leave a Reply