Skip to main content

Politeknik Astra baru saja melaksanakan kegiatan Seminar Nasional “Efisiensi Energi untuk Peningkatan Daya Saing Industri Manufaktur & Otomotif Nasional” yang biasa disingkat SNEEMO pada tanggal 16 November 2021. Tahun ini SNEEMO 2021 mengangkat tema Riset Terapan Vokasi Menjawab Tantangan Digitalisasi Industri. Tema yang diusung adalah kelanjutan tema pada SNEEMO 2020 yaitu Tantangan dan Peluang Digitalisasi Industri dan Penyelarasan Strategi Pendidikan Vokasi. Kegiatan SNEEMO 2021 yang dihadiri oleh 338 peserta ini terdiri dari webinar dan presentasi makalah ilmiah.

SNEEMO 2021 dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom dan disiarkan langsung pada youtube channel Polman Astra, dengan menghadirkan pembicara dari pihak industri dan vokasi. Kegiatan ini dibuka oleh sambutan dari direktur Politeknik Astra, Bapak Ir. Tony Harley Silalahi, M.A.B., E.M.B.A. “SNEEMO adalah seminar memiliki ciri khusus dimana kita tidak hanya mengundang para peneliti dari dunia pendidikan tetapi juga praktisi yang berkiprah langsung di dunia industri, terutama manufaktur dan otomotif” ungkap Tony dalam sambutannya, “selain itu kami menghadirkan pula pembicara dari pengambil kebijakan untuk memberikan gambaran bagaimana seharusnya riset terapan vokasi dapat diimplementasikan bersama sama dengan mitra dunia kerja, sehingga manfaat yang diambil dari penelitian terapan tersebut dapat langsung dirasakan.” lanjut Tony.

Dalam keterangannya, Ketua SNEEMO 2021, Dr. Setia Abikusna, S.T., M.T. yang merupakan dosen program studi Mesin Otomotif mengungkapaan di event tahun ini terdapat 25 judul makalah yang masuk dari Perguruan Tinggi dari Jawa, Sumatera bahkan Maluku. “kami juga menerima makalah dari LAPAN sebagai representasi peserta non –Perguruan Tinggi” ungkap Abikusna.

Dalam sesi Webinar, SNEEMO 2021 menghadirkan pembicara utama Achmad Rizal, Deputy Director of Business Development PT Energia Prima Nusantara. Juga narasumber lain Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg. yang merupakan Tim Program Riset Keilmuan Terapan Mitras DUDI Kemendikbudristek dan juga Harki Apriyanto, Ph.D. Kepala Lembaga Pengembangan Produk dan Penerapan Teknologi (LP3T) Politeknik Astra. pembicara terakhir panitia juga menghadirkan Assoc. Prof. Ari Tarigan, Ph.D. yang merupakan dosen di University of Stavanger Norway. sedang bertindak sebagai moderator Heri Sudarmaji, S.T., M.T. sekretaris Program studi Teknik Produksi & Proses Manufaktur Politeknik Astra,

Selepas acara webinar dilaksanakan presentasi 25 makalah yang teregistrasi, Presentasi dilakukan dalam 5 cluster dan difasilitasi oleh moderator : Elroy F.K.P. Tarigan, S.T., M.T., Suhartinah, S.T., M.T., Dr. Setia Abikusna, S.T., M.T., Rohmat Setiawan, S.T., M.T. dan Herry Syaifullah, S.T., M.T.. Makalah SNEEMO 2021 yang diterima akan diterbitkan pada Buku Prosiding SNEEMO 2021 dan beberapa makalah terpilih akan diterbitkan pada Jurnal Nasional TECHNOLOGIC yaitu Jurnal Nasional dengan p–ISSN 2085-8507 dan e-ISSN 2722-3280 yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Politeknik Astra.

Leave a Reply