Skip to main content

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III memberikan penghargaan terhadap Politeknik Astra sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) diantara 40 perguruan tinggi swasta lainnya dengan laporan kinerja media sosial terbaik di wilayah DKI Jakarta. Penghargaan ini diberikan sebagai bagian persiapan LLDIKTI wilayah III yang akan mengirimkan perwakilannya dalam ajang Anugerah Humas Diktiristek (AHD) 2021 tingkat nasional.


Ajang AHD adalah acara rutin tahunan dan tahun ini memasuki tahun kelima penyelenggaraan. Namun baru di tahun 2021 ini ajang AHD mengikutsertan Perguruan –Perguruan Tinggi Swasta dari masing masing wilayah. LLDIKTI wilayah III sendiri melaksanakan seleksi terhadap 167 PTS yang memberikan laporan kinerja media sosialnya, lalu dikerucutkan menjadi 40 besar dan kemudian akan dipilih 3 PTS dari wilayah DKI Jakarta yang akan bertarung di tingkat nasional pada bulan Desember 2021.


Dalam penilaiannya kinerja media sosial ditekankan pada bagaimana kemampuan PTS dalam mengelola media sosial resmi dari institusi untuk menunjang branding dari institusi tersebut dan khususnya dalam mendukung Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Kinerja tersebut dapat lihat dari konsistensi dan kualitas konten yang disajikan disesuaikan dengan segmen pasar yang dituju, termasuk respon dari masyarakat yang bias dilihat darik jumlah pengikut, jumlah yang menyukai postingan tersebut, dan juga jangkauan yang dicapai oleh akun tersebut.


Politeknik Astra sendiri banyak memfokuskan diri pada kegiatan Promosi Politeknik Astra dalam mendukung Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). “menjadi tantangan tersendiri bagi Politeknik Astra yang berkomitmen dalam pembentukan lulusan di bidang vokasi untuk terus menyuarakan pentingnya lulusan vokasi bagi pengembangan industry di Indonesia, terlebih saat ini pendidikan vokasi masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat” papar Thomas Hargono, Koordinator Humas Politeknik Astra. ”untuk itulah program-program sosialiasi disusun secara kreatif melalui media social untuk menunjang tujuan tersebut” tutup Thomas. Beberapa konten terkait vokasi diproduksi secara rutin seperti poster, konten interaktif, bahkan podcast yang disebarkan melalui akun resmi Politeknik Astra baik instagram, Facebook ataupun Youtube Channel. Upaya ini membuahkan hasil dimana terjadi peningkatan ketertarikan masyarakat pada Politeknik Astra.

Leave a Reply