Skip to main content

Berkaca dari kesuksesan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Merajut Nusantara I tahun lalu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menyelenggarakan KKN “Merajut Nusantara II” bagi Mahasiswa dan Dosen Perguruan Tinggi di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III. Polman Astra sebagai bagian dari Perguruan Tinggi di wilayah tersebut kembali mengirimkan dosen dan mahasiswanya mensukseskan acara tersebut.

Kali ini Polman Astra menyasar Kabupaten Sambas, Kecamatan Tebas, Desa Tebas Sungai sebagai tempat KKN dengan mengirimkan 3 dosen pembimbing dan 5 mahasiswa dari berbagai Program studi terkait kesana. Dengan berbekal ilmu yang dimiliki selama di Polman Astra team yang terdiri dari dosen dan instruktur berpengalaman seperti Andreas Edi, Agus Ponco dan Thomas Okki bahu membahu bersama 5 orang mahasiswa membuat Aktifitas Penerapan Teknologi Tepat Guna yang diharapkan mampu meningkatkan standar hidup masyarakat tempat KKN.

Kecamatan Tebas termasuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) dari wilayah RI, dimana air besrih menjadi hal yang sulit didapat di daerah ini. Team Polman Astra berupaya mengimplementasikan teknologi mesin penjernih air siap pakai yang dikembangkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Manufaktur Astra, dengan harapan dapat digunakan untuk air hujan sehingga dapat langsung siap diminum tanpa harus dimasak.

Selain itu Kecamatan Tebas juga memiliki potensi yang belum secara optimal digunakan. daerah tersebut merupakan daerah penghasil jeruk terbesar di kalimantan barat, sebagaimana kita ketahui jeruk Pontianak yang dijual di beberapa wilayah Indonesia merupakan hasil dari perkebunan jeruk di daerah kecamatan Tebas. Polman Astra berupaya membuat beberapa produk unggulan baru yang diharapkan nantinya bisa meningkatkan penghasilan masyarakat sekitar antara lain minyak essensial dari kulit jeruk dan lotion anti nyamuk yang dibuat dari kulit jeruk.

“Pelaksanaan KKN ini sangat berkesan membuat saya dan teman teman sivitas Polman Astra belajar tentang banyak hal diantaranya yakni kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan dan solidaritas yang terjalin di dalam team Polman Astra sendiri dan juga sivitas Perguruan Tinggi yang lain serta warga masyarakat setempat yang sangat terbuka menerima kami” demikian diungkapkan Thomas salah satu Instruktur yang ikut dalam KKN ini.

EnglishIndonesian