Skip to main content

Bertepatan dengan puncak acara Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Nasional ke 26. Event tahunan kali ini digelar secara meriah di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak tanggal 6 Mei dan berakhir tanggal 11 Mei 2018 yang lalu. Polman Astra yang selama ini bermitra dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merasa terhormat bisa berpartisipasi dalam acara tersebut.

 

Acara dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P di Lombok City Center, Nusa Tenggara Barat. Tony Harley Silalahi, Direktur Polman Astra juga hadir dalam acara tersebut sebagai salah satu mitra kerjasama Institusi dalam LKS SMK Tingkat Nasional. Tahun ini LKS SMK memperlombakan total 56 bidang lomba, 50 bidang diantaranya adalah bidang lomba yang setiap tahun secara rutin diperlombakan, hanya 1 bidang lomba baru yang diperlombakan tahun ini yaitu Floristry. Selain itu terdapat juga lima bidang lomba baru yang merupakan kerjasama antara The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, tajuk lomba tersebut adalah Daring South east Asia Creative Camp (SEACC), yang diikuti tidak hanya siswa dari Indonesia namun juga diikuti oleh beberapa kontestan dari negara negara di Asia Tenggara. Hal yang baru dari LKS SMK tahun ini adalah metode penyenggaraan beberapa lomba yang dilakukan secara online, hal ini memang merujuk pada tema LKS SMK tahun ini  “Generasi Muda ‘Zaman Now’ yang Berkompeten dan Berkarakter”

 

Berkaca dari keberhasilan Polman Astra dalam merekrut siswa siswi terbaik dari ajang kompetisi LKS beberapa tahun terakhir, tahun ini Polman Astra berkomitmen untuk mensupport kegiatan LKS dengan memberikan Beasiswa Astra kepada 5 orang juara I dari bidang lomba yang dikompetisikan. Penunjukan bidang lomba sendiri disesuaikan dengan program studi yang telah dimiliki Polman Astra saat ini. “Menjadi suatu tanggung jawab besar juga bagi Polman Astra dalam memberikan beasiswa ini kepada para juara LKS ini karena Polman Astra juga harus berkomitmen untuk mempersiapkan mereka ke ajang yang lebih tinggi yaitu World Skill Competition (WSC) yang akan digelar tahun 2019 mendatang” demikian diungkapkan oleh Hari D  Nugroho, Kepala Departemen Kemahasiswaan Alumni dan kerjasama Akademik yang ditunjuk oleh Polman Astra menjadi Observer dalam ajang tersebut.

 

Pada kesempatan ini Panitia juga menyelenggarakan Pameran Industri dan Vokasi, yang diikuti oleh para mitra kerjasama Institusi. Polman Astra pun hadir memeriahkan booth yang telah disediakan oleh panitia sebagai upaya untuk memperkenalkan Polman Astra kepada sekitar 3000 peserta yang memeriahkan acara LKS SMK tingkat nasional tahun ini, mereka adalah siswa siswi terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing dan guru guru pendamping yang mempersiapkan mereka. Dalam kata sambutannya Direktur Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan , Dr.Ir.M.Bakrun,MM berharap agar melalui Kegiatan ini juga dalam upaya mempromosikan lulusan SMK kepada Dunia Usaha, Dunia Industri serta pemangku kepentingan lainnya. Dalam hal ini Polman Astra ingin memanfaatkan moment ini untuk bisa berkenalan dengan SMK terbaik di seluruh Indonesia sebagaimana data saat ini sebagian dari calon mahasiswa Polman Astra adalah berasal dari lulusan SMK.

 

Selain berpartisipasi dalam Pameran Vokasi dan Industri, Polman Astra juga mengirimkan salah satu dosen dan Instrukturnya menjadi Juri di bidang lomba Automobile Technology. Ambar Wanto telah berpengalaman sebagai penguji dalam ajang LKS mulai dari tingkat SMK, provinsi dan ini adalah kali ketujuh beliau didapuk sebagai juri tingkat nasional bersama dengan para praktisi industry dari Astra Daihatsu Motor (ADM) , Toyota Astra Motor (TAM) dan para expert dari WSC dan ASEAN Skill Competition (ASC).

 

Ajang LKS SMK ke 26 akhirnya ditutup pada tanggal 11 Mei 2018 di lokasi yang sama Lombok City Center mulai pukul 19.30 dan dalam acara ini diumumkan para juara dari masing-masing bidang lomba. Sesuai dengan komitmen Polman Astra akhirnya menunjuk 5 orang juara I untuk diberikan Program Beasiswa Astra secara langsung. Dan tahun ini Polman Astra mengambil 5 orang juara I  diantaranya dari bidang lomba CNC Turning dan Automobile Technology. Dan sebagai juara umum LKS SMK tingkat nasional ke 26 jatuh ke provinsi DKI Jakarta mengalahkan juara bertahan tahun lalu , Jawa Tengah.

Leave a Reply

EnglishIndonesian