Skip to main content

Program vaksinasi untuk sivitas akademika Politeknik Astra (Politeknik Astra) telah memberikan data yang sangat menggembirakan dimana saat ini tercatat 94% tenaga Pendidik dan kependidikan telah menerima vaksin I dan 51% Mahasiswa juga telah menjalani vaksinasi I. Data ini tentu terbilang mengembirakan karena selain turut mensukseskan program pemerintah guna tercapainya herd immunity di masayarakat Indoensia, namun ini juga upaya nyata dari Politekik Astra untuk menekan laju penyebaran covid 19 di kalangan sivitas akademika.

Seperti diketahui bersama bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan , Riset dan Teknologi dalam beberapa kesempatan terus melihat peluang untuk sekolah bisa melakukan pembelajaran tatap muka. Pola pembelajaarn ini tentu sangatlah penting khususnya bagi sekolah vokasi seperti Politeknik Astra. dimana dalam pola pembelajarannya menerapkan 65% praktek dan 35% teori. Prosentase praktek yang lebih besar menuntut penguasaan mahasiswa dalam menggunakan peralatan-peralatan kerja yang sejalan dengan program studi yang mereka tempuh, dan kebanyakan fasilitas itu hanya bisa dilaksanakan di Laboratorium dan workshop di kampus.

Berangkat dari hal tersebut Politeknik Astra merasa perlu mempersiapkan diri dengan baik di tengah pandemic saat ini apabila lampu hijau diberikan pemerintah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka yang tentu itu sangat penting bagi para mahasiswa Politeknik. Selain dibentuknya satgas khusus Covid-19 yang memantau dan mensosialisasikan segala protokol kesehatan di kampus Politeknik Astra, Insitusi juga terus mendorong pemberian vaksinasi kepada seluruh sivitas akademika Politeknik Astra.
Sebagai lembaga pendidikan formal, Politeknik Astra juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan vaksinasi dari fasilitas Kemendikbud-Ristek melalui koordinasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 3 (LLDIKTI3) bagi tenaga pendidik sejak bulan April dan bagi tenaga kependidikan mulai bulan Mei. Setelah vaksinasi 18 tahun dimulai, maka sejak bulan Juli kegiatan vaksinasi bagi Mahasiswa juga mulai dilakukan dan terus didorong untuk dilakukan juga secara mandiri oleh Mahasiswa Politeknik Astra. Sehingga sampai saat ini sudah tercatat lebih dari 5 Sentra Vaksin sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi sivitas akademika Politeknik Astra diantaranya Sentra Vaksin Universitas Atmajaya , Universitas Kristen Indonesia dan Universitas Pelita Harapan melalui skema Kemendikbud-Ristek, dan fasilitas dari Kementrian Kesehatan melalui Sentra Vaksin BPPK Hang Jebat, lalu juga program Astra Halodoc di Kemayoran , dan vaksin Gotong Royong yang dilaksanakan Astra di Menara Astra. kedepan Politeknik Astra akan terus mendorong dan memfasilitasi agar 100% sivitas akademika Politeknik Astra menerima vaksin I dan II.

Leave a Reply

EnglishIndonesian