Skip to main content

membekali lulusannya kemampuan proses manufaktur pada unit perencanaan & pengendalian produksi

Program Studi ini membekali lulusannya dengan kemampuan bidang proses manufaktur pada unit perencanaan dan pengendalian dalam proses-proses produksi. Lulusan program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM) merupakan tenaga terampil dalam bidang manufaktur yang mampu merencanakan, mengoperasikan, mengendalikan dan supervisi dalam proses manufaktur, agar proses produksi berjalan lancar sesuai dengan rencana dan menghasilkan produk sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan tetap memperhatikan efisiensi & produktifitas, ketepatan pengiriman, keselamatan dan kesehatan kerja & lingkungan, serta moral pekerja, yang dalam dunia manufaktur dikenal dengan kriteria QCDSM (Quality, Cost, Delivery, Safety dan Moral).

Nama Prodi : TEKNIK PRODUKSI DAN PROSES MANUFAKTUR

Singkatan Prodi : TPM

Akreditasi Prodi : B

SK Akreditasi BAN PT no : 968/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2018

SK pendirian :

 

Visi Prodi:

” Menjadi Program Studi terbaik & diminati di Indonesia”.

Terbaik diartikan bahwa program studi memiliki metode pendidikan yang mengedepankan kompetensi hardskill maupun softskill yang unggul pada setiap lulusannya.

Diminati diartikan baik bagi calon mahasiswa untuk memilih program studi, maupun pengguna lulusan atau industri untuk lebih mengutamakan lulusan program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur karena memiliki kemampuan hardskill dan softskill yang baik.

 

Misi Prodi:

“Menjadi institusi yang melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam bidang teknik produksi dan proses manufaktur untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia”.

 

Kompetensi Program Studi :

Lulusan program studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur merupakan tenaga terampil yang mampu melakukan supervisi pada unit perencanaan dan pengendalian produksi serta terampil pada bidang manufaktur, yang mampu mengoperasikan dan melakukan supervisi serta mampu melakukan rekayasa manufaktur dalam proses-proses produksi, antara lain : plastik injection, casting, metal forming, welding, assembling, painting, otomasi dll, dengan mempertimbangkan kualitas serta kesehatan dan keselamatan kerja & lingkungan.

 

Lapangan Pekerjaan : 

Lulusan prodi TPM dapat bekerja di semua industri manufaktur pada umumnya, khususnya industri manufaktur otomotif, terutama di bagian produksi, rekayasa (engineering), maupun pengendalian kualitas (quality control).

Posisi Pekerjaan : 

Diharapkan lulusan Program Studi Teknologi Manufaktur Polteknik Manufaktur Astra dapat berperan dalam industri manufaktur sebagai:

Production foreman yang mampu mengatur, mengendalikan, dan mengkoordinasikan sumber daya yang berada di bawah tanggungjawabnya untuk kelancaran proses produksi dan menghasilkan produk yang sesuai standar Quality, Cost, dan, Delivery yang telah ditetapkan dengan mempertimbangkan Safety, serta Moral pekerja.

Junior Process Engineer yang mampu mengidentifikasi dan membuat alternatif pemecahan masalah dengan tahapan yang sistematis untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas mesin, peralatan, dan proses produksi.

Quality Control Analyst yang mampu melakukan proses pengukuran produk dengan alat dan metode yang sesuai, menganalisis data pengukuran, dan mengusulkan alternatif tindak lanjut/perbaikan untuk manjamin kualitas produk sesuai standar yang ditetapkan

 

Fasilitas:

Selain fasilitas perkuliahan teori yang lengkap dan nyaman, Program Studi Teknik Produksi dan Proses Manufaktur memiliki beberapa laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran, di antaranya adalah Laboratorium Casting, Plastic Injection, Metal Forming, Welding, Assembling, Time & Motion Study, Industrial Automation, Maintenance, Metrologi, serta Pengujian Material.   Laboratorium-laboratorium tersebut dapat bertambah atau berkembang sesuai dengan kebutuhan industri serta kemajuan teknologi.

Leave a Reply

EnglishIndonesian