Skip to main content

Membekali lulusannya dalam perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan Proyek Bangunan Gedung

Lulusan Program Studi Diploma III-Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung (TKBG) merujuk kepada bidang pekerjaan atau jenis pekerjaan yang berkaitan langsung dengan industri. Yang nantinya dapat berkontribusi langsung dan siap untuk ditempatkan pada perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan proyek bangunan gedung.

Serta memiliki kompetensi bidang manajerial, desain,dan pembuatan bangunan gedung ,yang berkarakter technopreneur , sadar mutu dengan keunggulan kompetitif yang beretika profesi mengikuti perkembangan ketekniksipilan dengan pemanfaatan IT. Lulusan juga dibekali praktikum yang mendukung, baik dalam workshop/bengkel dan juga Laboratorium. Lulusan Prodi DIII-TKBG memiliki gelar Ahli Madya (A.Md). Keterserapan lulusan Prodi Prodi DIII-TKBG dengan posisi pekerjaan nantinya juga sudah sebanding dengan beberapa institusi pendidikan lainnya yang terdapat di Indonesia dan luar Indonesia

Nama Prodi : TEKNOLOGI KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG

Singkatan Prodi : TKBG

Akreditasi Prodi : 4766/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2020

SK Akreditasi BAN PT no : BAN-PT No. 4766/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2020

SK pendirian : 593/KPT/I/2018

  

Visi Prodi : Menjadi Program Studi Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung yang professional dan siap kerja di industri konstruksi Asia Tenggara

 

Misi Prodi :

  • Melaksanakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan lulusan yang mampu bekerja profesional, adaptif, dan mampu berkembang terhadap tuntutan perkembangan pekerjaan dunia konstruksi.
  • Mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang beretika, berpikir kritis, profesional, dapat bekerja dengan tim dan mengikuti perkembangan ketekniksipilan dengan pemanfaatan IT.
  • Melaksanakan penelitian keteknik sipilan khusunya dalam bidang gedung yang bersifat terapan sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
  • Mengembangkan kerjasama dengan masyarakat, perusahaan konstruksi dan ikatan alumni untuk penyerapan tenaga kerja dan pengembangan program-program yang selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Kompetensi Program Studi :

  • Mampu merencanakan gambar teknis bangunan atau merencanakan desain bangunan gedung untuk diterapkan pada proyek di lapangan dengan Building Information Modeling.
  • Mampu menjadi ahli pemetaan topografi dan surveying, marking pada proyek bangunan gedung. Terlebih lagi dengan menggunakan alat konvensional maupun termutakhir yang saat ini digunakan.
  • Mampu melakukan proses pengawasan dan pelaksanaan pada proyek bangunan gedung.
  • Mampu Menyusun metode pekerjaan, melakukan perhitungan kebutuhan material, tenaga kerja, opname pekerjaan, menjadwalkan, serta melaporkan kegiatan proyek antara rencana dan pelaksanaan dilapangan.
  • Mampu melakukan checking dan kontrol pelaksanaan dilapangan, yang didasarkan pada rencana dan tertulis dalam dokumen Rencana Kegiatan dan Syarat (RKS) serta spesifikasi teknis.
  • Mampu melaksanaan administrasi proyek konstruksi, dalam hal penyiapan dokumen, tender, penawaran, hingga kontrak dan pelaporan saat proyek berlangsung, dan pengadaan barang dan jasa. Serta sebagai cost control dan logistik.

 

Karir Program Studi :

Lapangan Pekerjaan :

Lulusan progam studi TKBG ,dapat terserap di dunia usaha dan industri, di antaranya perusahaan konstruksi bangunan (kontraktor,konsultan,developer), perusahaan pertambangan ,industri alat berat , BUMN, pegawai negri sipil/militer,dan wirausaha.

Posisi Pekerjaan :

Perencana tingkat menengah (BIM Engineer), Surveyor, Site Supervisor, Quantity surveyor, Quality Controll, Project Administration, Generall Affair.

Fasilitas :

  1. Workshop Bricklaying
  2. Workshop Plumbing
  3. Workshop Baja
  4. Lab Ukur Tanah
  5. Lab Uji Bahan
  6. Workshop Drainase
  7. Workshop Beton
  8. Lab Uji Tanah
  9. Workshop Perancah
  10. Workshop Kayu Pengembangan 2021 di Cikarang
  11. Lab Hidrolika dan Bangunan Air Pengembangan 2021 di Cikarang
  12. Lab Transport (Agregat, Aspal,etc) Pengembangan 2022 di Cikarang
  13. Lab BIM Pengembangan 2021 di Cikarang
  14. Lab Struktur Pengembangan 2021 di Cikarang
  15. Studio Manajemen Konstruksi Pengembangan 2021 di Cikarang
  16. Studio Struktur, Arsitektur dan Sipil Pengembangan 2021 di Cikarang

Leave a Reply